Cara Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

rumah

Cara Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Anda gemar membaca dan memiliki banyak koleksi buku di rumah? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk membuat perpustakaan mini di rumah sendiri. Kebiasaan membaca biasanya berpengaruh besar pada tingkat intelektual seseorang. Jika Anda ingin wawasan bertambah dan si anak bisa menjadi seseorang yang cerdas, maka pupuklah kebiasaan untuk membaca. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memupuk kebiasaan membaca adalah dengan membuat perpustakaan di rumah. Dengan adanya perpustakaan di rumah, koleksi buku Anda juga tak menjadi berantakan. Perpustakaan di rumah tak harus memiliki ruangan yang luas. Anda bisa memiliki perpustakaan sendiri dengan cara yang sederhana, namun tetap nyaman.

Bagaimana caranya? Berikut cara membuat perpustakaan mini di rumah: 1. Memiliki konsep yang unik Perpustakaan tak harus dibuat dengan ruangan khusus. Hanya dengan sekat ataupun dinding rendah, Anda sudah bisa memiliki ruang perpustakaan. Dengan konsep terbuka itu, Anda justru tak merasa terkurung di dalam ruangan. Ketahuilah bahwa konsep yang terbuka bisa mempengaruhi mood Anda untuk membaca. 2. Terdapat sirkulasi udara Perpustakaan yang nyaman harus memiliki sirkulasi udara. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penerangan ruangan dan pengaturan letak rak buku. Biarkan cahaya masuk ke dalam ruang perpustakaan itu agar suasananya lebih nyaman.
3. Terdapat penerangan Usahakan udara di dalam ruangan tidak panas dan tetap sejuk. Untuk penerangan, Anda juga bisa menggunakan lampu. Namun, letakkan di belakang Anda saat membaca agar mata tak cepat lelah. Tempatkan juga lampu di lokasi yang membuat ruangan menjadi luas dan nyaman. Lampu yang bisa Anda gunakan yaitu lampu neon.
4. Penataan buku yang benar Agar suasana dalam ruangan nyaman, Anda juga harus meletakkan rak buku di tempat yang benar. Walaupun ruangan tak begitu besar, namun ciptakan ruangan agar lebih terlihat luas. Salah satu caranya adalah meletakkan rak buku yang mungil dan bermuatan banyak. Buku harus menempel pada dinding dengan kerapatan yang cukup. Tujuannya adalah agar udara mengalir di celah antara rak dan dinding.
5. Menjaga kelembapan buku Dengan memberikan celah antara rak buku dan dinding bisa mempermudah Anda merawat dan menjaga kelembapan buku. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pendingin ruangan agar buku tetap terjaga kelembapannya. Agar lebih irit, Anda juga bisa meletakkan beberapa pot bunga atau tanaman hias yang tidak terlalu besar di pojok ruangan atau dekat sofa. Itulah cara membuat perpustakaan mini di rumah. Dengan adanya perpustakaan di rumah, Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu bersama di ruangan tersebut. Dengan begitu, pengetahuan Anda dan anak akan semakin luas karena sering membaca buku di perpustakaan rumah.

Bagaimana, Anda mau membuat perpustakaan di rumah?

Copyright © CiriCara.com

Tentang firdaus

saya adalah seorng yang dilahirkan di Gampong sepeu, anak ke tiga dari lima bersaudara.
Pos ini dipublikasikan di Perpustakaan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Cara Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

  1. Pustaka Zendy berkata:

    SIp Gaan,…. sofwereNya ada ga Gan?? Mkcih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s