TUGAS ASPEK HUKUM DALAM INFORMASI

Nama   : F I R D A U S

M T     : ASPEK HUKUM DALAM INFORMASI

UNIT   : 1

  1. Sebagaimana kita ketahui bahwa keberadaan norma atau kaidah diperlukan dalam masyarakat demi terciptanya ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebutkan dan jelaskan norma-norma atau kaidah-kaidah yang terdapat dalam masyarakat!

Norma/kaidah yang terdapat dalam masyarakat adalah Norma/kaidah kesopanan, bertujuan agar pergaulan hidup berlangsung dengan menyenangkan. Kaidah ini merupakan peraturan hidup yang timbul dari pergaulan segolongan manusia, misalnya :
– Orang muda harus menghormati orang yang lebih tua
– Tamu wajib melapor 1x 24 jam

  1. A. Sebutkan dan jelaskan fungsi hukum?

1. Hukum berfungsi sebagai alat ketertiban dan keteraturan masyarakat. Hukum sebagai petunjuk untuk masyarakat dan masyarakat harus menyadari adanya perintah dan larangan dalam hukum sehingga fungsi hukum sebagai alat ketertiban masyarakat dapat terlaksana.
2. Hukum sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial. Karena hukum bersifat mengatur, memaksa dan dipaksakan. Membuat orang takut untuk melakukan pelanggaran karena ada ancaman hukuman dan dapat diterapkan kepada siapa saja.
3. Hukum berfungsi sebagai alat penggerak pembangunan karena ia mempunyai daya mengikat dan memaksa dapat dimamfaatkan sebagai alat otoritas untuk mengarahkan masyarakat ke arah yg maju.
4. Hukum berfungsi sebagai alat kritik. Fungsi ini bahwa hukum tidak hanya mengawasi masyarakat semata-mata, tetapi dapat juga mengawasi pejabat pemerintah, para penegak hukum, maupun aparatur pengawasan sendiri. Dengan demikian semuanya harus bertingkah laku menurut ketentuan yg berlaku dan masyarakt pun akan merasakan keadilan.
5. Hukum berfungsi sebagai sarana untuk menyelesaikan pertingkaian. Contoh kasus tanah, kasus lahan.

B. Jelaskan tujuan hukum menurut aliran etis, utilities, dan yuridis dogmatik!

1.  Teori etis teori ini mengajarkan bahwa hukum bertujuan semata-mata untuk mencapai keadilan. Menurut teori ini, isi hukum semata-mata harus ditentukan oleh kesadaran etis kita mengenai apa yang adil dan apa yang tidak adil.

  1. Teori utilitas menurut teori ini, tujuan hukum ialah menjamin adanya kemamfaatan

atau kebahagiaan sebanyak-banyaknya pada orang sebanyak-banyaknya. hukum bertujuan untuk mewujudkan apa yang berfaedah/mamfaat bagi orang.

  1. Teori Yuridis dogmatic menurut teori ini

Tujuan hukum adalah semata-mata untuk menciptakan kepastian hukum, karena dengan adanya kepastian hukum, fungsi hukum dapat berjalan dan mampu mempertahankan ketertiban. Kepastian hukum adalah syarat mutlak setiap aturan, persoalan keadilan dan kemanfaatan hukum bukan alasan pokok dari tujuan hukum tetapi yang penting adalah kepastian hukum.

 

3.   Jelaskan pandangan para fuqaha tentang keberadaan HaKI dalam hukum islam?

Mazhab hanafi menyatakan, bahwa sesuatu yang dimiliki itu adalah sesuatu yang dapat dikuasai bendanya secara konkrit atau utuh. Sesuatu itu dapat dinamakan harta apabila memenuhi tiga syarat yaitu sesuatu itu harus dapat dikuasai, dapat disimpan dan bermanfaat.

Dikalangan Mazhab maliki berpendapat harta itu adalah adanya unsur pemilikan dimana sipemiliknya memiliki hak untuk menguasai dan menghalangi orang lain mengambilnya. Harta tersebut akan tetap menjadi milik yang berhak, kecuali berpindah tangan karena adanya sebab yang dibenarkan oleh hokum.

Dikalangan mazhab syafi`i al-zarkasyi menyatakan hak milik adalah suatu yang bermanfaat bagi pemiliknya, ada tiga katagori mengenai sesuatu yang bisa dinilai sebagai harta adalah bahwa sesuatu itu bisa diambil manfaatnya, sesuatu itu mempunyai nilai ekonomi, dan adanya perlindungan undang-undang.

Mazhab Hambali menyatakan hak milik adalah sesuatu yang memiliki nilai yang mengharuskan terhadap seseorang yang merusaknya bertanggung jawab dan menanggungnya, suatu hak cipta dapat disebut hak milik atau harta, karena hak cipta memiliki nilai ekonomi tinggi, sementara bagi yang menyalahgunakannya, serta merugikan penciptanya jelas-jelaas diancam oleh undang-undang yang berlaku.

images (1)

Tentang firdaus

saya adalah seorng yang dilahirkan di Gampong sepeu, anak ke tiga dari lima bersaudara.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s