PERPUSTAKAAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DAN INFORMASI

PERPUSTAKAAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DAN INFORMASI

Memahami Hakikat Perpustakaan

Jika kita memasuki suatu perpustakaan, yang pertama kita lihat adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara rapi di rak buku, rak majalah, maupun rak-rak bahan pustaka lain. Bahan-bahan pustaka tersebut diatur menurut suatu system tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang di perlukan. Pertanyaan yang timbul adalah apakah setiap jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara sistematis boleh disebut perpustakaan? Jadi, masih banyak orang yang mengasosiasikan perpustaakaan itu dengan buku-buku, sehingga setiap tumpukan buku pada tempat tertentu disebut perpustakaan. Maka dengan kata lain, apakah sebenarnya perpustakaan itu? Banyak batasan atau pengertian yang disampaikan tentang perpustakaan di antaranya dijelaskan berikut ini:

Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual ( Sulistyo, Basuki ; 1991 ).

Menurut RUU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Dalam pengertiannya yang mutakhir, seperti tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa “perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Maka secara sederhana pengertian perpustakaan adalah salah satu bentuk organisasi sumber belajar yang menghimpun berbagai informasi dalam bentuk buku dan bukan buka yang dapat dimamfaatkan oleh pemakai (guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan masyarakat ) dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya. Jika dilihat dari pengertian tersebut, hakikat perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi masyarakat. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku atau tempat buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa.

Berangkat dari beberapa pengertian di atas, seringnya orang beranggapan dan membayangkan bahwa yang merupakan cirri utama sebuah perpustakaan ialah sekumpulan buku disebuah ruangan. Tentu saja pendapat ini ada benarnya, tetapi tidak mutlak benar. Sebab sebuah ruangan dengan sejumlah koleksi buku mungkin saja bukan perpustakaan, bias took buku, dan bias juga gudang buku. Ciri perpustakaan adalah mengelola sejumlah bahan pustaka. Bahan pustaka bukan hanya berupa buku-buku, tetapi juga berupa bukan buku (nonbook material) seperti majalah, surat kabar, brosur, micro film, peta, globe, gambar, dan banyak lain jenis pustaka. Jumlah bahan pustaka ini tergantung kebutuhannya yang didasarkan pada jumlah pemakainya. Bahan-bahan pustaka tersebut tidak hanya disusun dan disimpan, tetapi dikelola dengan sebaik-baiknya menurut aturan tertentu, seperti inventarisasi,

Diklasifikasi menurut system klasifikasi tertentu, dibuatkan kartu katalog, label buku, kantong buku, kartu buku sehingga siap dipinjamkan kepada siapa saja yang ingin meminjam, khususnya anggota perpustakaan.

Ciri utama sebuah perpustakaan ialah adanya unsur pemakai terhadap koleksi yang dimiliki. Jadi, perpustakaan bukanlah hanya sekedarkoleksi buku, bukaan sekedar”fosil ilmu pengetahuan”, melainkan sebuah koleksi buku yang berfungsi untuk dimanfaatkan. Agar koleksi tersebut dapat dimanfaatkan/digunakan secara efisien, maka koleksiitu harus diproses dan diurus. Terdapat kaitan yang erat antara perbukuan dan pembangunan. Melalui  bacaan yang baik, manyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya, memperluas pandanganya, memperluas budi pekertinya dan mematangkan kebudayaannya. Jadi, sesungguhnya membaca telah merupakan kebutuhan dan keharusan dalam hidup modern.

Firdaus, A.Md

 

images

Tentang firdaus

saya adalah seorng yang dilahirkan di Gampong sepeu, anak ke tiga dari lima bersaudara.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s